.quickedit{ display:none; }

Monday, July 11, 2011

FORTASI 2011 Dimulai!!!

Assalammu'alaikum...

Halo para pembaca sekalian yang selalu menantikan postingan terbaru dari blog yang sederhana ini (hehehe...)

Kali ini akan ada satu bongkahan tulisan yang baru yaitu tentang FORTASI. Mungkin istilah ini masih sangat asing di mata para pembaca sekalian (karena anda semua membaca bukan mendengar).

Nah, FORTASI itu adalah singkatan dari "Forum Ta'aruf dan Orientasi Siswa" yang mana pesertanya adalah para peserta didik tahun ajaran baru di setiap sekolah. Pada umumnya, istilah FORTASI ini lebih sering digunakan di sekolah-sekolah Muhmammadiyah (sepertinya). Selain itu, penyelenggara acara FORTASI ini bukan hanya dari Sekolah-sekolah. Akan tetapi, ini adalah sebuah acara kerja sama dari sekolah dengan Pimpinan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (bisa daerah bisa cabang). Khusus di tempatku, jogja acara FORTASI ini adalah hasil kerja sama dari sekolah-sekolah dengan Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Yogyakata.



Nah, acara FORTASI di sekolahku sendiripun sudah dibuka dari hari kemarin. Akan tetapi, kemarin itu hanya sekedar pembukaan secara formal. Sedangkan untuk pembukaan secara simboliknya dilaksakan tadi pagi bertepatan dengan upacara awal tahun ajaran baru 2011-2012.

Sebelum itu, akan aku share kepada para pembaca sekalian ringkasan acara pembukaan FORTASI yang hari Ahad kemarin.

Jadi, acara kemarin hari Ahad adalah hari di mana kami para panitia mengenalkan diri kami kepada para peserta FORTASI. Ada juga pembagian kelompok dan sosialisasi peraturan peserta FORTASI selama acara FORTASI berlangsung. Tidak hanya itu, para pesertapun dibagi menjadi sekitar 38 kelompok yang mana setiap kelompoknya terdiri dari 9-10 orang dan ditambah satu orang pendamping dari panitia.

ini dia small group discussion bersama kk-nya ^^

Acara pada hari Ahad dimulai pada pukul 7.30 WIB. Pakaian pada hari itu adalah batik dan celana hitam atau tidak baju sopan (karena hari itu tidak masuk ke dalam acara resmi FORTASI). Setelah sambutan dari ketua panitia yaitu Syhaarul Ramadhan, dia adalah seorang anak dan teman saya yang datang dari Surabaya. Dia mengatakan bahwa para peserta FORTASI ini adalah para calon kader yang akan siap untuk menjadi kader di masa depan dan siap menjadi kader tuntutan zaman.

ini dia antusias para peserta ^^
Lanjut sambutan kedua adalah dari perwakilan PR IPM Mu'allimin. Seharusnya yang memeberikan sambutan itu Kak Sahran selaku ketua umum, akan tetapi beliau berhalangan hadir sehingga diwakilkan oleh Kak Rasyid selaku ketua 1. Eh, rupanya berhalangan juga. Jadi, mau ga mau aku deh yang mewakili mereka berdua dan seluruh IPM dalam memberikan sambutan karena aku menjabat sebagai ketua 2. Aku hanya berpesan semoga para peserta FORTASI kali ini dapat menjadi sesuai apa yang panitia harapkan. amiin...

Lanjut sambutan ketiga disampaikan oleh Ust. Ikhawan Ahada S.Ag,M.A. selaku direktur sekolahku (nama lain dari kepala sekolah). Beliau hanya menambahkan bahwa Mu'allimin (sekolahku) ini didirikan oleh oleh K.H Ahmad Dahlan. Beliau juga mengatakan bahwa, para siswa yang mengikuti FORTASI harus bisa menjadi lebih bagusdan hebat daripada K.H Ahmad Dahlan.
dari kanan ke kiri (aku,syahrul,ustad ikhwan)

Demikianlah pembukaan FORTASI 2011 pada hari Ahad yaitu pembukaan formal.

Lanjut satu hari berikutnnya yaitu hari ini.

Baru saja tadi pagi sekitar pukul 8 pagi, FORTASI 2011 dibuka secara simbolik oleh direktur kami Ust.Ikhwan Ahada S.Ag,M.A. Sangat menarik perhatian karena saat upacara pembukaan FORTASI secara simbolik ini menggunakan burung merpati dan tidak disangka-sangka diramaikan dengan pesawat yang lewat di atas sekolah kami. hehehe

Setelah upacara dan pembukaan FORTASI, semu peserta langsung berkumpul bersama kakak-kakak pembimbingnya untuk memasuki materi pertam yaitu Ke-Mu'allimin-an. Akhirnya, sore ini juga sudah memasiuki hari ke dua setelah tadi siang ba'da dzuhur kami semua beristirahat di asrama masing-masing.

So, inilah hari pertama kami sampai sore ini dan materi ke dua sedang berjalan. Jadi, jangan kecewa karena aku pasti akan up-date terus tentang FORTASI sampai akhir acara. Oh ya, kalau ada yang mau lihat blog FORTASI kami buka saja www.fortasi2011.blogspot.com

Sekian dan terima kasih... ^^

Wassalammu'alaikum

0 comments:

Post a Comment