.quickedit{ display:none; }

Wednesday, August 8, 2012

Mudik Aman, Lebaranpun Puas

Assalammu'alaikum

Gimana nih kabar teman-teman semua? Semoga aja sehat selalu ya :D

Nah, kali ini kita kembali lagi dengan bongkahan tulisan yang baru dan pastinya menarik untuk dibaca oleh teman-teman semua.

Kali ini aku akan sedikit share seputar mudik/pulang kampung yang sudah menjadi kebiasaan kita semua. Tapi, aku sekarang akan berbagi tips bagaimana supaya ketika kita meninggalkan rumah dalam keadaan mudik, rumah tetap dalam keadaan aman. Karena, ga sedikit lo kasus pencurian yang terjadi ketika mudik karena rumah yang ditinggal kosong. Mau tahu tipsnya? check it out

1. Pastikan semua peralatan listrik tidak terpasang ke aliran listrik/dalam keadaan mati

Ketika kita hendak mudik. hendaknya kita mencabut semua peralatan-peralatan elektronik (baik kulkas,TV dan lain sebagainya) yang tersambung ke aliran listrik. Kenapa?

Pertama, sebagai langkah penghematan listrik. Eh, jangan dianggap remeh loh. Setiap listrik yang kita pakai setiap waktunya pasti akan dihitung meskipun karena ketika aliran listrik tersambung ke alat-alat elektronik, pastinya PLN akan mengira kita sedang menggunakan listrik tersebut. Jangan sampai ketika kita meninggalkan rumah, eh pas balik dari mudik rekening listriknya ternyata banyak banget hanya karena kita lupa/tidak mencabut semua peralatan elektronik yang masih tersambung dengan aliran listrik.

Kedua, sebagai bentuk pencegahan terjadinya arus pendek yang dapat memicu kebakaran. kita ga pernah tahu loh apa yang terjadi di dalam rumah ketika kita meninggalkan rumah saat mudik. Bisa aja ketika kita mudik, ada peralatan elektronik yang tiba-tiba konslet karena kabelnya digigit tikus (misalnya) dan akhirnya terjadi arus pendek dan terjadilah kebakaran.

2. Pastikan semua akses untuk masuk ke dalam rumah (termasuk pintu kamar) terkunci rapat (baik pintu depan,belakang ataupun jendela)

Meskipun ini sepele, tapi ini harus sangat diperhatikan. Ketika kita hendak mudik, semua akses masuk ke dalam rumah haruslah terkunci dengan rapat. Kalau perlu diberi gembok untuk pintu rumah. Kenapa?

Karena, dengan menutup semua akses masuk ke dalam rumah, ini akan meminimalisir kemungkinan kejadian pencurian. Meskipun pencuri tersebut lihai dalam menjebol kunci rumah, kalau kita memasang keamanan yang maksimal seperti gembok, pastinya akan membutuhkan waktu lama bagi si pencuri

pastikan rumah dalam keadaan aman
3. Hentikan langganan koran/majalah sementara

Ketika hendak mudik, segera hentikan langganan koran ataupun majalah untuk sementara waktu sampai kita kembali ke rumah. Karena, koran ataupun majalah yang menumpuk pastinya akan memancing orang untuk melakukan niat jahat terhadap rumah kita karena koran yang bertumpuk di depan rumah, menandakan bahwa rumah tersebut dalam keadaan kosong.

Oleh karena itulah, hentikan langganan koran ataupun majalah sementara waktu sampai anda kembali ke rumah tercinta.

4. Matikan semua lampu rumah, kecuali lampu teras

Sepele, tapi sangat penting. Ketika mudik, hendaknya kita matikan semua lampu rumah sebagai bentuk penghematan. Akan tetapi, untuk yang satu ini harus dilakukan. Yaitu, tetap menyalakan lampu teras. Kenapa?

Karena ketika rumah kita tinggalakan sedangkan lampu teras tidak menyala, hal tersebut akan menandakan bahwa rumah sedang dalam keadaan ditinggal oleh pemiliknya (apalagi malam hari). Sebaliknya, ketika kita tetap menyalakan lampu teras ketika kita meniggalakna rumah, maka akan menimbulkan kesan bahwa ada penghuninya di rumah tersebut.

5. Titipkan kunci kepada tetangga terdekat dan terpercaya dan mintalah untuk mengecek rumah anda semingu dua-tiga kali

Minta bantuanlah kepada tetangga terdekat dan terpercaya anda untuk mengecek keadaan rumah selama kita meninggalkan rumah dengan cara menitipkan kunci rumah kita (cukup kunci rumah, bukan yang lain).

Karena, dengan hal tersebut kita bisa mendapatkan laporan dari tetangga kita tentang apa saja yang terjadi di rumah (entah ada kebocoran gas atau kejadian lainnya). Mintalah bantuan juga seperti pekerjaan rumah yang ringan-ringan saja seperti menyiram tanaman/membersihkan teras ataupun memberikan kabar kepada tamu yang sedang berkunjung ke rumah anda. Akan tetapi jangan lupa, ketika anda sudah pulang ke rumah jangan lupa berikan buah tangan kepadanya sebagai tanda terima kasih atas bantuan yang ia berikan kepada kita.

Oh ya, jangan lupa juga kabarkan kepada ketua RT bahwa kita sedang meninggalkan rumah supaya ketika ronda malam akan diberikan prioritas lebih untuk diawasi oleh yang berjaga saat ronda malam warga.

6. Cabut selang gas

Sebagai langkah pencegahan supaya tidak terjadi kebocoran gas karena selang gas yang digigit oleh tikus. 


Nah, mungkin itu sedikit tips yang saya dapatkan dan saya ringkas supaya lebih mudah dimengerti. Pada intinya, boleh saja kita melaksanakan mudik, akan tetapi jangan sampai karena kita mudik terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti kecurian,kebakaran dan lain sebagainya.

Semoga yang sedang melaksanakan mudik hari ini dan seterusnya selamat sampai tujuan dan rumah dalam keadaan aman (jangan lupa oleh-olehnya ya, heheheh :) )

Wassalammu'alaikum

Sumber tulisan: Dari segala sumber

0 comments:

Post a Comment