.quickedit{ display:none; }

Thursday, April 4, 2013

Hal Kecil Yang Dapat Kita Lakukan Untuk Menjaga Lingkungan


Kawan, siapa sih yang tidak tahu dengan istilah Global Warming atau biasa disebut pemanasan global yang selalu menjadi isu yang hangat untuk selalu dibicarakan? Pasti tahu semua kan karena istilah tersebut selalu keluar di pelajaran IPA semasa kita SMP atau bahkan ketika SD pun sudah pernah mendengar dan pastinya kalian sudah tahu apa itu pemanasan global. 

Pemanasan global menjadi isu yang sangat hangat untuk dibicarakan oleh semua kalangan. Karena, dampak dari fenomena ini akan dirasakan sampai kepada anak cucu kita. Oleh karena itu tidak heran kita sering mendengar langkah-langkah pencegahan pemanasan global yang dirancang oleh pemerintah seperti membuat kawasan hijau,industri atau penggunaan teknologi ramah lingkungan dan lain sebagainya. Tidak lupa pula pemerintah dan NGO-NGO (Non Government Organization) yang concern kepada lingkungan, selalu mengampanyekan kepada kita semua untuk turut serta aktif dalam langkah pencegahan pemanasan global yang salah satunya adalah menjaga lingkungan.

Berbicara masalah menjaga lingkungan, kadang kita masih merasa sulit untuk menjaga lingkungan yang ada di sekitar kita. Bahkan ketika kita membuat gerakkan untuk menjaga lingkungan, kita sendiri malah bingung apa yang harus kita lakukan. Mungkin, beberapa tips yang mungkin sangat mudah untuk dilakukan dan bisa membantu teman-teman sekalian untuk menjaga lingkungan. Karena,
mungkin saja belum terpikirkan oleh teman-teman sekalian.

1. Jangan pernah merusak tanaman sedikitpun

Menjaga tanaman yang ada di lingkungan kita semua merupakan salah satu cara untuk menjaga lingkungan kawan. Karena, dengan adannya tanaman, suplai/persediaan oksigen di bumi bagi kita semua akan selalu tercukupi. Tidak hanya itu, tanaman juga punya fungsi untuk mengurangi polusi udara yang ada di sekitar kita, karena mereka membutuhkan karbon dioksida untuk memproduksi oksigen. 

Masalahnya, tidak jarang dari kita yang senang merusak tanaman seperti memetik daunnya hanya untuk iseng,menginjak tanaman yang ada di taman dan lain sebagainya. Meskipun kita hanya memetik satu buah daun dari tanaman, itu sama saja artinya kita telah merusak sebagian kecil dari siklus yang ada dan masalahnya lagi kita melakukan itu secara tidak sadar dan barulan-ulang. Oleh karenanya itu kawan, mulai sekarang jangan sekali-kali memetik daun atau bagian manapun dari tumbuhan. Karena, itu sama saja seperti kita mengurangi kemampuan tumbuhan untuk dapat memproduksi oksigen dan mengurangi polusi udara

2. Jangan menggunakan kendaraan bermotor apabila berpergian ke tempat yang dekat

Ini dia kebiasaan buruk kita setelah adanya dan mudahnya memiliki dan menggunakan transportasi. Ketika kita mau pergi entah kemana baik jaraknya dekat ataupun jauh, kita menggunakan kendaraan bermotor. Kalau jaraknya jauh dan memang membutuhkan kendaraan sih tidak masalah apabila kita pergi menggunakan kendaraan bermotor. Akan tetapi masalahnya, tidak sedikit dari kita yang juga menggunakan kendaraan bermotor ketika berpergian ke tempat yang relatif dekat dan sebenarnya tidak perlu menggunakan kendaraan bermotor.

Ketika kita menggunakan motor, kita pasti menggunakan bahan bakar dan bahan bakar tersebut pasti menghasilkan polusi. Masalahnya adalah ketika kita menggunakan kendaraan hanya untuk pergi kemana pun yang jaraknya relatif dekat dan itu berulang-ulang padahal cukup dengan berjalan kaki untuk mencapai tempat itu, itu artinya kita melakukan inefisiensi atau pemborosan terhadap bahan bakar yang kita gunakan dan secara tidak langsung pula kita memberikan kontribusi terhadap penambahan polusi udara. 

Contohnya saja, banyak kita lihat orang yang pergi ke warung yang sebenarnya apabila jalan kaki dari rumahnya tidak memakan banyak waktu, akan tetapi dia menggunakan motor. 

Kalaupun alasannya karena capek kalau berjalan kaki, kenapa kita tidak menggunakan sepeda? Lebih ramah lingkungan dan membuat kita sehat juga karena semua badan kita bergerak.

Ayo jaga lingkungan kita. Kalau bukan kita yang memulai
siapa lagi?
Itulah kawan beberapa tips yang bisa kita lakukan bersama untuk menjaga lingkungan terlebih lagi untuk ikut andil dalam mencegah lebih tepatnya saat ini mengurangi dampak dari pemanasan global. Kasihan anak-cucu kita nantinya apabila kita tidak memulai untuk mengurangi dampak dari pemanasan global ini. Dan sekali lagi, semua tidak akan bisa terjadi sebelum kita yang memulainya. So, sudah siapkan untuk bersama-sama menjaga lingkungan 

Adli Zuliansyah Putra

0 comments:

Post a Comment