.quickedit{ display:none; }

Tuesday, October 9, 2012

PASSIMMMPAS Akhirnya Berganti Periode :D


Assalammu’alaikum

Apa kabar nih kawan-kawan sekalian? Semoga tetap sehat selalu ya (dan jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat yang Ia berikan kepada kita semua).

Kawan, kali ini aku akan sedikit share tentang kegiatanku seminggu terakhir ini sih. Sebenarnya tidak ada yang istimewa selama seminggu terakhir ini. Nah mau tahu? Let’s check it out

Alhamdulillah.

Ya, itulah kata yang bisa keluar dari mulutku dan juga dari mulut teman-temanku seperjuanganku di sebuah Organisasi Daerah bernama PASSIMMMPAS. Mau tahu apa itu PASSIMMMPAS? 

Paguyuban Siswa Siswi Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Pasundan (disingkat PASSIMMMPAS), merupakan organisasi kedaerahan yang ada di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta yang fungsi organisasi daerah tersebut adalah sebagai wadah silaturahmi siswa-siswi yang berasal dari daerah yang sama (karena Mu’allimin-Mu’allimaat tempat kami bersekolah, siswa-siswinya berasal dari penjuru Indonesia). Tidak hanya itu, Orda (Organisasi Daerah) juga mempunyai misi yaitu mempersiapkan anggota-anggota Orda-nya supaya di masa mendatang dapat terjun di masyarakat di mana ia berasal (karena, di madrasah kami ada istilah Anak Panah Muhammadiyah, yaitu para lulusan dari Madrasah kami yang akan berjuang mendakwahkan islam di tempat ia tinggal).

Nah, passimmpas ini merupakan organisasi kedaerahan yang anggotanya adalah dari Tanah Sunda (Jawa Barat dan Banten) dan DKI Jakarta (karena berdekatan). Di PASSIMMMPAS inilah kami menjalin hubungan silaturahmi sesama anggota dan pimpinan yang berasal dari daerah yang sama. Ada banyak kegiatan yang kami lakukan. Meskipun tidak serutin dan sebesar organisasi yang ada pada dasarnya, akan tetapi kami tetap enjoy dengan kegiatan yang kami lakukan. Biasanya sih kami rapat kordinasi di tempat yang telah kita tentukan bersama untuk membahas apa yang akan kita lakukan dalam waktu dekat ini,bisa berupa pelatihan kepada anggota,forum keakraban bahkan baksos (akan tetapi untuk baksos, perkum kami belum sanggup mengadakannya karena kekurangan tenaga). Nah kawan, baru-baru ini kemarin pas Bulan Ramadhan kami mengadakan Mubaligh Hijrah untuk kelas 4 dan 5 Aliyah (khusus yang siswa Mu’allimin) di Garut dan alhamdulillah lancar dan mendapat respon positif dari Pimpinan Wilayah dan Ranting sekitar tempat yang dijadikan tempat Mubaligh Hijrah.

Nah itu tadi sekilas tentang PASSIMMMPAS. Sebenarnya aku ingin cerita banyak tentang kegiatan PASSIMMMPAS. Akan tetapi, saat ini aku hanya membatasi tentang pelantikkan PASSIMMMPAS periode 2012/2013 (aku mantan periode 2011/2012).

Selama satu periode 2011/2012, banyak sekali tantangan yang aku dan teman-temanku alami. Saat itu aku masih kelas 2 Aliyah (aku menjabat sekretaris umum). Akan tetapi, sekarang aku sudah kelas 3 Aliyah. Oleh karena itulah harus ada pergantian periode dengan adik kelas kami yang sekarang menduduki kelas 1 dan 2 Aliyah.

Awalnya, kami berkumpul di Masjid Gedhe Kauman untuk merapatkan tentang struktur pengurus PASSIMMMPAS periode 2012/2013. Saat itu aku ada di sana bersama beberapa teman-teman kelas 3 untuk mengarahkan supaya rapat hari ini bisa selesai dan nama-nama pengurus barunya bisa fix supaya nanti proses pembuatan SK (Surat Keputusan)-nya tidak mendadak. Akhirnya rapat kami pada hari itu menemui titik terang dan disepakatilah pengurus PASSIMMMPAS yang baru.
Setelah kami rapat di masjid gedhe kauman bersama anak kelas 1 dan 2. Aku bersama anak-anak kelas 3 langsung mencari waktu kapan kita akan melantik mereka. Alhamdulillah akhirnya kami mendapat informasi bahwa Orda dari Sumatera akan mengadakan pelantikan besok hari Jum’at (tanggal 5 Oktober 2012) walaupun pada awalnya ada miss commucation antara kami dan Orda Sumatera. 

Akhirnya, pas H-1 kami kumpul di sebuah masjid yang dekat dari asrama anak-anak Mu’allimin dan Mu’allimaat untuk merapatkan acara besok di Panti Asuhan Yatim Aisyiyah. Di rapat tersebut kami hanya tinggal membahas bagaimana teknis pelantikan dan rangkaian acaranya (karena untuk perizinan,konsumsi dll sudah fix). Akhirnya kami putuskan bahwa konsep pelantikkan akan dijadikan satu (nanti SK kedua perkum dibacakan, dan nanti akan dilantik oleh satu orang) dan acara dimulai pada pukul setengah 9 pagi. Setelah rapat selesai sekitar jam 5 sore, akhirnya kami membubarkan diri untuk kembali ke asrama masing-masing. 

Tapi sebelum pulang ke asrama, aku tiba-tiba diminta tolong untuk merivisi naskah pelantikan yang akan digunakan beserta surat keputusan dan berita acara oleh panitia yang kumpul di rapat tersebut. Akhirnya datang juga deh job baru. Langsung saja malamnya aku bersama temanku mem-fix-kan SK,berita acara dan naskah pelantikan yang akan digunakan besok hari.

Esok harinya, tepat jam setengah 9 akhirnya kami bisa memulai pelantikkan Orda periode 2012/2013 (meskipun rada ngaret dikit sih). Dimulai dari pembukaan,kalam ilahi dan sambutan yang diberikan oleh panitia,perwakilan kedua Orda dan kakak alumni. Akhirnya, sampailah di acara pelantikkan pengurus Orda yang baru. Yang melantik kedua  adalah Kak Fahmi Firmansyah (alumni Mu’allimin sekaligus saat ini menjadi salah satu musyrifku di asrama). 

Setelah mereka dilantik, acara dilanjutkan dengan hiburan-hiburan. Awalnya tak kira ga ada yang bakal tampil. Tapi, ternyata ada dari anak kelas 4 yang tampil membawa kencrung (gitar kecil yang kayak dipakai di hawai itu lo) dan lain sebagainya (kalau tidak salah ada 3 penampilan). 

Inilah pengurus baru yang berfoto dengan pengurus yang sekarang menduduki kelas 3 Aliyah J
Setelah acara hiburan acarapun ditutup dan para pengurus Orda yang baru, mereka langsung berkumpul bersama Ordanya masing-masing untuk membahas ke depannya mereka akan bergerak seperti apa (dan tak lupa pula kami yang kelas 3 share kepada mereka apa kekurangan periode kami). Setelah mereka berkumpul dengan Ordanya masing-masing beserta mendapat nasehat dari kakak kelas mereka, akhirnya kami meninggalkan tempat pelantikkan tersebut dan berakhirlah acara.

Penampilan dari peserta denga kencrungnya
Akan tetapi, itu tidak berlaku untuk panitia. Setelah kami rapat evaluasi dan membereskan tempat pelantikkan, kami langsung sepakat untuk syukuran karena kami sudah berganti periode dengan makan siang bersama (seluruh panitia) di Popeye dekat tempat pelantikkan kami. Tapi, karena waktu sudah menjelang Shalat Jum’at, akhirnya panitia yang dari Mu’allimin ke masjid dulu dan panitia yang dari Mu’allimaat langsung ke tempat makan untuk pesan tempat. Akhirnya setelah kami melaksanakan Shalat Jum’at, kami langsung menyusul ke rumah makan tadi. Di sana meja sudah tersedia dan kami langsung duduk dan makan bersama. Banyak tawa,guyonan yang kami lakukan selama kami makan seperti saling ejeklah dan lain sebagainya. 

Setelah kami makan siang bersama, akhirnya kamipun saling berpamitan dan saling membubarkan diri untuk melakukan aktifitas yang lain. Tak lupa pula kita saling mendoakan karena, esok harinya kami (Mu’allimin dan Mu’allimaat) akan melaksanakan Ujian Tengah Semester. Setelah berpamitan, kamipun pulang menuju asrama masing-masing.

Besar harapan kami dari kelas 3 kepada kader-kader kami kelas  1 dan 2 yang sekarang memegang amanah sebagai pengurus Orda supaya bisa mengharumkan nama Madrasah (Mu’allimin dan Mu’allimaat) serta nama Ordanya masing-masing

Wassalammu’alaikum 

Ini dia acara puncaknya para panitia, aneh2 ya mukanya :)

0 comments:

Post a Comment