.quickedit{ display:none; }

Thursday, July 19, 2012

Forum Aktif Menulis "Membina dengan Hati Calon Penulis Islami"

Assalammu'alaikum...

Hei, apa kabar para pembaca hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kalaupun ada yang sedang mendapatkan musibah, tetaplah tenang dan semoga segera diberikan jalan keluar (solusi). Nah kali ini aku akan sedikit share tentang komunitas yang sedang aku ikuti. Kali ini aku akan share komunitas menulis yaitu Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia. Mau tahu seperti apa? check it out


Sebenarnya sih aku masih tergolong baru sebagai anggota FAM ini (kurang lebih 2 bulan), tapi itu semua bukan masalah bagiku karena menurutku bukan masalah lama atau tidaknya kita berada di dalam suatu organisasi ataupun komunitas. Akan tetapi, yang  terpenting adalah bagaimana kita bisa berkontribusi kepada organisasi tersebut (iya ga?)

Nah, awalnya sih aku sama ibuku dimasukan ke dalam grup FAM di Facebook tanpa sepengetahuanku. Awalnya sih belum ada minat sama sekali untuk mendaftar menjadi anggota resmi FAM (meskipun aku sudah menjadi anggota grup tersebut). Akan tetapi, ibuku bilang kalau sebaiknya aku langsung daftar aja jadi anggota resmi supaya bisa ngirim tulisan ke FAM (karena saat itu aku hanya sekedar memposting tulisan di grup) sampai pada akhirnya aku terdaftar juga sebagai anggota FAM.

Di komunitas inilah aku sampai sekarang bisa menulis seperti ini. Banyak sekali pelajaran yang bisa aku dapatkan di sini mulai dari tips dan trik menulis sampai berdiskusi tentang suatu tulisan yang diposting di grup oleh anggota-anggota FAM. Tidak hanya itu, di sinilah aku bisa bertukar informasi dengan anggota yang lain dan pastinya menyenangkan.

Penasaran ya apa itu FAM?

Nah, FAM adalah Forum Aktif Menulis Indonesia yang didirikan oleh Muhammad Subhan (Ketua Umum FAM) dan Aliya Nurlela (Sekjen FAM) pada tanggal  2 Maret 2012 di Pare,Kediri,Jawa Timur dengan semboyan "Membina dengan Hati Calon Penulis Islami". Adapun anggota dari FAM ini terbagi menjadi 3 tingkat yaitu Siswa,Mahasiswa dan Umum. Tujuan dari FAM ini didirikan salah satunya adalah membina para calon penulis muslim/muslimah supaya dapat menjadi penulis yang handal dan berkualitas.

Di forum inilah kita akan belajar bersama-sama supaya kita bisa mengembangkan kemampuan kita dalam tulis-menulis baik itu puisi,cerpen.opini dan lain sebagainya karena nantinya tulisan yang kita kirimkan akan diulas oleh tim FAM dan akan dipublikasikan di blog/grup facebook FAM. Kita juga bisa bertukar ide ataupun pikiran kok di komunitas ini.

Untuk syarat pendaftarannya cukup mudah:

1. Mendaftar sebagai anggota
2. Mengisi formulir pendaftaran FAM Indonesia
3. Membayar biaya keanggotaan (KTA) sesuai kategori
- Kategori siswa, biaya Rp60.000,-
- Kategori Mahasiswa, biaya Rp65.000,-
- Kategori Umum, biaya Rp75.000,-
4. Menyerahkan satu judul tulisan bisa berupa fiksi atau nonfiksi (selambat-lambatnya seminggu setelah pendaftaran)
5. Tiap bulan seluruh anggota menyerahkan minimal satu judul tulisan, boleh fiksi atau nonfiksi, tulisan harus mengandung pesan moral. Tulisan akan dinilai (diulas) oleh Tim FAM Indonesia
6. Mengikuti aturan yang ditetapkan oleh FAM Indonesia

Adapun FAM juga memiliki program dalam rangka mengembangkan kreatifitas anggotanya seperti lomba cerpen,puisi,surat terbuka dll.

Nah itu dia salah satu komunitas yang saat ini aku ikuti (kalau mau tahu lebih lanjut lihat di sini atau kalau mau bergabung dengan Forum Aishiteru Menulis untuk grup facebooknya)

0 comments:

Post a Comment