.quickedit{ display:none; }

Thursday, December 23, 2010

Sebuah Pesan Dari Desa Tanjung



"Nak, kamu ini masih SMA toh?" Tanya si bapak kepada anak-anaknya.
"Inggih pak." Anak-anak itu menjawab.
"Sekarang kalian belajar yang baik,sungguh-sungguh dan jangan lupa tetap ingat Yang Kuasa. Besok kalau kalian sudah lulus, ubah bangsa ini." Kata bapak tersebut

Ya, itulah pesan dari Bapak Gandung sebagai kepala keluarga di rumah yang mana kami tempati selama 2 hari 3 malam. Beliau adalah seorang TNI, selain itu beliau juga sebagai peternak sapi.

Saya masih ingat apa pesan beliau sebelum kami pamit meninggalkan rumah kediaman beliau (walaupun yang saya tulis adalah dengan bahasa saya sendiri, akan tetapi maknanya tetap saya pertahankan). Ketika itu, kami yang sedang bersiap-siap untuk acara penutupan TKB (Training Kader Bangsa) Angkatan ke-dua langsung dilepas hangat oleh keluarga Bapak Gandung.

Kami meminta maaf kepada keluarga beliau apabila selama 2 hari 3 malam ini dari kami banyak melakukan kesalahan yang disengaja walalupun tidak disengaja.

Selain itu, ada hal menarik lainnya yang saya dapatkan. Yaitu ketika Bapak Gandung bertanya kepada kami, apakah kami merokok? Kami menjawab tidak karena kami memang tidak merokok. Lalu Bapak Gandung memberi kami nasehat "Kalau kalian merokok pada umur remaja seperti ini tidak masalah. Akan tetapi jika kalian tidak merokok sampai sekarang, lanjutkan untuk tidak merokok. Karena rokok membuat diri kita sakit. Walaupun saya juga perokok, tetapi saya tetap berkeinginan untuk berhenti merokok, karena saya tahu apa dampaknya bagi kesehatan saya."

Betapa bijaksananya Bapak Gandung bagi saya terutama dan teman-teman saya. Beliau mengatakan secara jujur bahwa beliau perokok, akan tetapi maksud beliau adalah supaya kita tidak menjadi perokok seperti beliau. Sungguh jarang sekali kami bisa bertemu seorang yang mirip seperti Bapak Gandung.

1 comments:

  1. http://lh3.ggpht.com/_RVpTV2JOOxA/S1USd83ybAI/AAAAAAAAB5A/13r9iaeHXNg/t4belajarblogger1.gif

    i like it

    ReplyDelete